inilah aku

inilah aku
garut

Sabtu, 29 Desember 2012

memaknai perbedaan

Kalau ada yang mengatakan PERBEDAAN ITU INDAH menurutku tidak selamanya seperti itu. Kalau berbeda dalam berpakaian, suara, dan wajah misalnya itu bagus, itu memang indah. tetapi kalau perbedaan dalam hal pola pikir kadang emosi lebih banyak berperan. Kenapa saya bisa berpendapat seperti itu? coba kita lihat beberapa hal kecil dapat menimbulkan emosi itu disebabkan hanya karena 'BERBEDA' dalam hal apa saja? simak kisah beberapa orang berikut ini:

1. Fia dan Hilda bersitegang hanya gara-gara kipas angin. Ketegangan itu dimulai ketika Hilda meminjam kipas angin yang ada di rumah Fia karena kipas anginnya rusak. Fia menyuruh Hilda untuk meminta izin kepada pemilik kipas angin itu karena Jori, pemilik kipas, menitipkan kipas anginnya. Karena itulah Fia merasa tidak berhak meminjamkan. Hilda tidak mau meminta izin kepada Jori karena menurut dia, tidak izin juga tidak apa-apa. Kipas angin itukan ada di rumah Fia jadi secara tidak langsung itu sudah milik Fia. Akhirnya karena keduanya memilih untuk memegang pendapatnya masing-masing, keteganganpun terjadi.

2. Ada dua guru beradu mulut hanya gara-gara siswa ketika ia sedang pidato tidak menggunakan robbisy rohli... siswa tersebut lalu dibentak oleh guru B. Bukan hanya itu saja, guru B juga menyamakan kemampuan berbicara siswa tersebut dengan bapak siswa yang memang seorang muballigh. Guru A sebagai orang yang mengajarkan siswa tersebut merasa kesal karena melihat anak itu menangis. Guru A mempunyai alasan kenapa tidak menggunakan kalimat robbisy rohli...pertama karena memang tidak wajib dipakai di setiap memulai pidato. kedua waktu yang mepet membuat Guru A tidak memperbanyak kalimat arabnya. dan yang ketiga, anak seorang muballigh belum tentu ia juga akan menjadi muballigh. Guru B tidak mau mengalah dan akhirnya perang mulut pun terjadi.

3. Antar wali kelas pun sering terjadi percekcokan bahkan ada yang marah sampai berbulan-bulan hanya karena masalah sepele. 

Dari tiga contoh di atas, saya rasa itu sudah bisa menangkap apa alasan saya berpendapat demikian. Bagi saya, PERBEDAAN ITU AKAN TERASA INDAH BILA SATU SAMA LAIN SALING MENGHARGAI. 

0 komentar:

Posting Komentar