inilah aku

inilah aku
garut

Minggu, 25 November 2012

Tak semudah seperti apa yang saya bayangkan

Menjadi guru ternyata tak mudah seperti apa yang saya bayangkan sebelumnya. dulu saya berfikir, menjadi guru itu hanya masuk ke kelas, mengajar, lalu berikan PR. Tapi setelah saya berkecimpung di dunia pendidikan ternyata untuk menjadi guru itu membutuhkan keahlian bukan hanya keahlian dalam bidang yang akan kita ajarkan tapi juga keahlian dalam mengatasi anak. 

Di sekolah, perilaku anak berbeda-beda dan di situlah keahlian kita dalam mengenal dan mengatasi watak anak dituntut. Tidak semua anak bisa kita perlakukan sama dan tidak semua anak menyukai kita. PR terbesar bagi saya khususnya adalah bagaimana caranya membuat anak menyukai saya atau pelajaran yang saya ajarkan dan PR kedua adalah apa metode yang paling tepat yang dapat kita gunakan dalam KBM, dan PR yang terakhir bagaimana cara yang paling efektif ketika kita menemukan ada masalah di murid seperti suka ngobrol di kelas, tidak mendengarkan penjelasan, suka mengeritik, suka membolos, murid yang bodoh, dan sebagainya. semua masalah itu tidak akan bisa kita tai kalau kita tidak memiliki kemampuan untuk mengatasinya. apalagi kalau semua permasalahan itu kita samakan cara penyelesaiannya, tentu tidak akan bisa, kenapa? ya..karena masalahnya pun berbeda. (menurut saya loch..^^)

Bagi saya pribadi, saat ini saya sudah memutuskan untuk menjadi pendidik atau guru jadi apapun masalah yang saya temui harus bisa saya atasi karena ini adalah pilihan hidup saya. di manapun kita bekerja, pasti kita akan menemukan permasalahan juga.

BOSAN? JENUH? KESAL? semua itu pernah saya rasakan ya namanya juga manusia..:)
Cara Mengatasi semua itu adalah mencoba tuk berpikir positif dalam segala hal. Kalau saya sudah menemukan sisi positif di balik permasalahan yang saya hadapi, alhamdulillah hati saya menjadi tenang. 




0 komentar:

Posting Komentar